Ketika Peluang Kebaikan Itu Datang

Pandemi, menghadirkan banyak cerita dalam setiap hari yang kita lewati saat ini. Silih berganti, beberapa aktifitas kita sebagian besar beralih pada dunia virtual. Berbatas layar beberapa inch, namun sanggup menghubungkan wajah-wajah yang terpisah jarak bahkan hingga ribuan kilometer. Sunnatullah roda kehidupan, berada pada titik masa otak manusia menemukan jalan menciptakan teknologi yang mungkin tak pernah terbayangkan oleh generasi-generasi sebelumnya.

Begitupun dengan peluang-peluang kebaikan yang kita temukan semakin beragam, seiring dengan jalan-jalan kebathilan yang semakin berwarna dan memesona pula. Beberapa bulan terakhir di masa pandemi ini, banyak cerita tentang hadirnya peluang kebaikan yang Allah hamparkan. Salah satunya adalah ketika wasilah dunia virtual dalam menjalani ragam aktifitas menghadirkan pula keinginan dari jiwa-jiwa yang bersih untuk dibersamai dalam pemenuhan hak-hak ruhiyahnya secara rutin dan terarah.

Kita memang bukan manusia sempurna dengan ilmu, juga suci terbebas dari dosa. Tapi, kita adalah manusia yang juga memerlukan manusia lainnya untuk menjadi alarm saat hawa nafsu kita berada pada titik darurat dan mesti segera diingatkan. Sejatinya, jiwa kita juga wadah yang harus selalu menerima aliran ilmu untuk kemudian harus pula mengalirkannya kembali kepada wadah-wadah lain, agar kemudian kita pun sanggup mengisi wadah diri kembali. Begitu seterusnya, belajar dan mengajarkan.
Karena, bukankah hakikat kita sebagai sebaik baik manusia adalah sebagai makhluk yang Dia amanahkan untuk dapat  memberi manfaat kepada sesama ?

Maka, ketika silih berganti datang permintaan membersamai kebutuhan ruhiyah secara virtual atau online, tentu ini menjadi peluang kebaikan yang begitu berharga. Sebuah peluang yang harus segera ditangkap dan dieksekusi dengan sempurna, tentu sebatas sempurnanya kita sebagai manusia pula. 
Peluang kebaikan yang Allah hadirkan sebagai salah satu hikmah ketika Allah uji kehidupan kita dengan masa pandemi saat ini. Peluang sekaligus hiburan indah yang akan mengiringi setiap kesulitan yang saat ini bisa jadi terasa lebih berat tersebab masa yang tidak seperti biasanya.

Bisa jadi, peluang kebaikan inilah yang Allah hadirkan sebagai salah satu pintu solusi agar bahu kita semakin kuat menahan beratnya ujian di masa ini. Atau, beginilah cara Allah menguatkan jiwa-jiwa kita untuk lebih terasah dengan cahaya-Nya, karena mau tidak mau kita  harus berusaha meraih sebanyak-banyak cahaya-Nya untuk dapat dibagikan kepada sesama. 

Selamat menangkap setiap peluang kebaikan yang Allah hadirkan. Jika ia menghampiri, jangan lari menghindari, karena bisa jadi itu hanya Allah hadirkan sekali.☺

Tak perlu menunggu kehidupan kembali berjalan normal. Tak perlu menunggu nama kita terkenal. Tak perlu menunggu kita diceburkan. Tak perlu menunggu kita diperintahkan. Perangkat sudah Allah mudahkan ada di genggaman. Mereka menyapa dan membawa hati penuh harapan. Berbahagialah untuk amanah yang Allah berikan. Dan sejatinya, sebaik-baik kita adalah mereka yang tidak berkhianat akan apa yang sudah Allah sematkan. Pun tidak akan termasuk pongah dengan menolak peluang yang Allah berikan.

-fitry_ummuza-



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" Zah..Zah...Ustadzah.."

Ikatlah Semua Asa Di Langit-Nya

Saat Ikhtiar dan Doa Tak Sesuai Taqdir