Merdeka Adalah Leluasa Menjaga

Kekuatan sebuah bangsa yang besar sejatinya hadir dari penderitaan dan perjuangan yang dilakoninya berbilang masa yang panjang dan berat. Perjuangan yang seungguhnya pun belum akan berhenti hanya dengan satu kata 'merdeka'.

Perjuangan yang lebih berat dan amat panjang berikutnya adalah bagaimana menjaga apa yang sudah ada di hadapan, mempertahankan kedaulatan dan harga diri yang sudah diraih, mengukuhkan jejak-jejak perjuangan para pendahulunya pada setiap generasi yang terlahir di negeri ini dengan sempurna, tanpa ada yang direkayasa.

Kelak, mereka yang memahami betul perjalanan bangsa ini menuju jayanya, akan sungguh-sungguh mematri utuh hakikat melanjutkan perjuangan sebuah bangsa, dengan cinta yang hadir tulus atas bentuk kesyukuran kepada Sang Pemberi Kemerdekaan sesungguhnya.

Yakinlah, mereka anak-anak bangsa  yang mencintai sungguh-sungguh Penciptanya dan memahami benar setiap titah-Nya, takkan pernah menyia-nyiakan negeri dan bangsanya. Mereka akan sepenuh jiwa menjaga & sepenuh hati berbakti. Bukan sekedar berkata 'merdeka', tapi nyatanya lupa untuk memerdekakan bangsanya dari penjajahan hakiki yang sejak dulu sudah diperangi para pahlawan bangsa dengan sepenuh jiwa raga.

Tumbuh, tumbuhlah generasi bangsa tercinta. Tumbuhlah dengan kekuatan jiwa untuk mencintai negeri ini, berbalut cinta karena-Nya yang menitahkan bakti pada setiap jengkal bumi yang dipijak dan ditempati.

@fitry_ummuza

========
Dirgahayu RI ke 74th

Photo : Generasi penerus bangsa di pesantren As-Syifa Boarding School - Jalancagak


=====



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" Zah..Zah...Ustadzah.."

Ikatlah Semua Asa Di Langit-Nya

Saat Ikhtiar dan Doa Tak Sesuai Taqdir